[Update] Info Yusuke Araki Pimpin Duel Persis Solo vs Dewa United, Ada Heru Cahyono Lagi Update 2023

Manajer Persis Solo Chairul Basalamah protes ke wasit karena menganggap sundulan yang dicetak Paulo Henrique tidak gol pada laga Liga 1 di Stadion di Gelora Bung Tomo, Rabu (13/12/23). (Foto: Fitra Herdian/HBLpegadaian.id)

HBLpegadaian.id – Wasit asal Jepang, Yusuke Araki, bakal memimpin duel pekan ke-23 Liga 1 2023-2024 antara Persis Solo vs Dewa United di Stadion Manahan, Minggu (17/12/23). Uniknya, ada nama Heru Cahyono lagi sebagai wasit cadangan.

Persis Solo melancarkan protes atas kepemimpinan wasit Heru Cahyono dalam laga melawan Persebaya Surabaya, Rabu (13/12/23).

Heru Cahyono membuat kesalahan fatal dengan mengesahkan gol Paulo Henrique. Padahal, bola sundulan Paulo sukses ditepis kiper Persis Solo, Muhammad Riyandi, sebelum melewati garis gawang.

Surat resmi pun dikirimkan kepada Komite Wasit PSSI. Persis Solo ingin adanya upaya tegas atas hal tersebut, terutama kepada Heru Cahyono sebagai wasit utama dan Mardiyono sebagai asisten wasit dua.

Namun uniknya, Heru Cahyono akan bertemu Persis Solo lagi. Dalam keterangan di laman PT Liga Indonesia Baru, Minggu (17/12/23) pagi, tertera nama Heru Cahyono yang bertindak sebagai wasit cadangan.

Sementara posisi wasit utama ditempati Yusuke Araki. HBLpegadaian.id akan ditemani Fajar Furqon dan I Gede Selamet Raharja sebagai asisten wasit satu dan dua.

Pada bulan ini, PSSI memang menghadirkan Yusuke Araki bersama Futoshi Nakamura sebagai wasit percontohan. Pengalaman dua wasit asal Jepang diharapkan memberi pembelajaran kepada wasit-wasit lokal.

Keberadaan Yusuke Araki layaknya bentuk respons Komite Wasit PSSI atas protes yang dilakukan Persis Solo. Usai laga di Gelora Bung Tomo (GBT) lalu, bek Persis Solo, Rian Miziar ingin wasit asing kembali dipekerjakan di Liga 1.

Rian Miziar membuat statemen itu setelah melihat duel Persib Bandung melawan Persik Kediri. Futoshi Nakamura dianggap bisa memimpin pertandingan dengan baik.

“Saya melihat pertandingan Persib melawan Persik yang menggunakan wasit asing. Impact-nya sangat positif. Saya menyarankan PSSI agar terus memakai wasit asing. Itu bisa jadi bahan evaluasi wasit lokal untuk membuat keputusan terbaik,” kata Rian Miziar kala itu.

Siap Amankan 3 Poin

Diluar urusan wasit, Persis Solo menunjukkan tekad besar untuk mengamankan tiga poin. Meski hanya memiliki jeda tiga hari, Persis Solo berupaya tampil maksimal untuk mengamankan tiga poin.

Tekad ini ditegaskan caretaker Persis Solo, Tithan Wulung Suryata. HBLpegadaian.id memastikan masa persiapan berjalan bagus meski lebih singkat dari waktu yang dimiliki Dewa United.

“Kita semua dalam satu tim sudah berkomitmen bahwa laga melawan Dewa, kami berusaha semaksimal mungkin untuk mendapat tiga poin,” ujar Tithan Suryata, Sabtu (16/12) petang.

“Meskipun persiapan kami cukup singkat karena kami punya pertandingan lawan Persebaya sebelumnya, mungkin lebih banyak Dewa United dalam masa recovery yang lebih lama, tapi kami siap untuk pertandingan ini,” imbuh Tithan.

Dalam laga ini, Muhammad Kanu Helmiawan, Jaimerson Xavier dan Gavin Kwan Adsit dipastikan absen. Kanu dan Jaime dilarang tampil karena akumulasi kartu, sementara Gavin masih cedera.

“Kami masih melihat kondisi Eky yang kemarin ada cedera di laga lawan Persebaya. Kemudian masih melihat Moussa Sidibe juga,” ungkap Tithan.

Sementara itu, Muhammad Riyandi, memastikan para pemain sangat antusias berlaga di Stadion Manahan melawan Dewa United. Persis Solo sudah sangat lama tak bermain di Manahan.

“Kami sangat siap untuk pertandingan ini karena kami kembali lagi ke kandang kami sebenarnya yakni Stadion Manahan dan yang pasti kami siap memberikan yang terbaik untuk Persis Solo,” tegas Riyandi.

Untuk memompa semangat tim Persis Solo, kelompok suporter Ultras 1923 menghampiri para pemain setelah sesi latihan di Stadion Manahan, Sabtu (16/12/23) petang.

Ribuan anggota Ultras 1923 bersama kelompok lain suporter Persis Solo bakal memadati Stadion Manahan pada Minggu (17/12/23). Persis Solo memberlakukan kuota 100 persen pada laga ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *