[Update] Info Temuan CSIS: 51,3 Persen Responden Ingin Kawal Penghitungan Suara, Takut Pilpres 2024 Curang? Update 2023

HBLpegadaian.id — Publik tampaknya terpengaruh dengan indikasi kecurangan pada Pilpres 2024. Hasil survei menunjukkan mayoritas responden ingin mengawal proses penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Temuan itu terekam dalam hasil survei terbaru Centre for Strategic and International Studies (CSIS) yang dirilis, Rabu 27 Desember 2023.

Ada sekitar 21,9 persen responden yang meragukan pemilu akan terbebas dari intimidasi atau kekerasan. Lalu, 1,7 persen megaku pernah mendapatkan intimidasi untuk memilih pasangan calon tertentu.

Walau mayoritas responden yakin pemilu akan berlangsung jujur dan adil, sebagian besar pemilih tetap ingin mengawal proses penghitungan suara.

Angkanya lebih dari setengah atau 51,3 persen. Mereka mengaku ingin hadir langsung menyaksikan penghitungan suara di TPS.

Survei yang digelar 13-18 Desember 2023 itu juga menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat menyaksikan jalannya debat capres pada Selasa, 12 Desember 2023.

Ada 49,8 persen yang mengaku menonton debat yang menampilkan para capres.

Sebelumnya diberitakan, hasil survei terbaru CSIS juga merekam, 75,2 persen responden menyatakan sudah mantap dengan pilihannya saat ini.

Sementara masih ada 12,5 persen responden yang menunggu debat sebelum menentukan pilihan.

Debat capres-cawapres masih menyisakan tiga kali. Dua kali untuk capres dan sekali untuk cawapres.

Hasil survei CSIS ini dirilis Rabu 27 Desember 2023 dalam tema “Peta Pilpres Terkini Pasca-Debat Calon Presiden”.

Peneliti CSIS, Arya Fernandes mengatakan, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 43,7 persen. Sementara elektabilitas Amin 26,1 persen dan Ganjar-Mahfud 19,4 persen.

“Masih terdapat 6,4 persen pemilih yang mengaku rahasia dan belum menentukan pilihan. Kemudian 4,5 persen mengaku tidak tahu atau tidak menjawab,” kata Arya.

CSIS membedah sebaran suara dari tiga paslon ini. Prabowo-Gibran hampir unggul di seluruh provinsi di Indonesia. Amin unggul di Sumatera, Jakarta, dan Banten.

Sementara Ganjar-Mahfud unggul di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Survei CSIS dilakukan pda 13-18 Desember 2023. Total ada 1.300 responden berasal dari 34 provinsi.

Proses wawancara menggunakan wawancara tetap muka menggunakan kuesioner oleh emulator yang sudah terlatih. Margin of eror sebesar 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (*)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *