[Update] Info Survei SPIN Terbaru Elektabilitas Prabowo-Gibran Melejit Jauh, Update 2023

HBLpegadaian.id, JAKARTA – Hasil survei lembaga Survei and Polling Indonesia (SPIN) terbaru menyebut elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mekin melejit jauh dari dua rivalnya pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar usai debat ketiga.

Direktur Eksekutif SPIN Igor Dirgantara menyebut berdasarkan hasil survei medio 8-14 Januari 2024, elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran mencapai 50,9 persen.

Sementyara pasangan Ganjar-Mahfud memperoleh 23,5 persen dan pasangan Anies-Muhaimin 18,7 persen.

“Elektabilitas pasangan calon versi survei SPIN, yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mencapai 50,9 persen setelah debat ketiga,” katanya dalam keterangannya, Senin (15/1/2024).

Survei SPIN tersebut dalam kurun waktu 8—14 Januari 2024 dengan melibatkan 2.178 responden di seluruh provinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling.

Dalam survei itu menyebutkan bahwa upaya Ganjar dan Anies yang mencoba mendegradasi Prabowo Subianto dalam debat ketiga ternyata tidak berhasil. Elektabilitas Anies malah merosot, begitu pula dengan Ganjar.

Debat capres yang diselenggarakan oleh KPU pada hari Minggu, 7 Januari 2024 tidak berpengaruh pada pilihan mereka dalam Pilpres 2024.

Mayoritas publik atau 72,9 persen mengaku acara tersebut tidak memengaruhi pilihan mereka terhadap masing-masing capres.

Dengan demikian, Igor menilai debat ketiga Pilpres 2024 tidak menjadi referensi bagi masyarakat untuk menentukan pilihannya.

Selepas debat pertama pada tanggal 12 Desember 2023 dan debat kedua pada tanggal 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang kembali mempertemukan para capres.

Tema debat ketiga yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Minggu (7/1), meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *