[Update] Info Prabowo Tanya soal Makan Bergizi Cegah Stunting, Ganjar: Saya Sama Sekali Tidak Setuju Update 2023

HBLpegadaian.id – Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto bertanya kepada Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo soal programnya yang memberikan makan bergizi untuk mencegah stunting bagi seluruh anak-anak dan juga bisa menghilangkan kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Pertanyaan itu ditujukan ke Ganjar dalam debat kelima Pilpres 2024, di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu malam, 4 Februari 2024.

“Pak Ganjar, kita mengetahui masalah sangat penting yang dihadapi bangsa kita adalah bahwa banyak sekali anak-anak kita yang kekurangan gizi, stunting,” kata Prabowo.

“Saya ingin bertanya apakah bapak setuju dengan gagasan saya untuk memberi makan bergizi untuk seluruh anak-anak Indonesia untuk mengatasi masalah stunting, dan menghilangkan kemiskinan ekstrim dan mengurangi angka kematian ibu-bu pada saat melahirkan?,” lanjutnya bertanya.

Lalu, Ganjar menjawab pertanyaan Prabowo. Dia bilang, dirinya tidak setuju atas pemberian makanan bergizi bagi anak-anak untuk mencegah stunting.

Menurutnya, untuk mencegah stunting, sebenarnya harus diberikan gizi pada saat dalam kandungan, bahkan kepada pasangan yang akan menikah.

“Kalau ngasih makannya kepada anak-anak untuk mencegah stunting, saya sama sekali tidak setuju bapak karena bapak terlambat. Stunting itu ditangani sejak bayi dalam kandungan ibunya yang dikasih gizi,” jawab Ganjar.

“Kalau kemudian gizinya baik mereka lakukan cek rutin, maka akan ketahuan bahwa dia, ibunya sehatnya anaknya pertumbuhannya dilihat. Kalau bapak ngasih gizi kepada ibu hamil ah itu baru setuju saya. Nanti dia akan lahir ibunya selamat karena diperiksa,” lanjut Ganjar.

Ganjar juga menyampaikan, program makan siang gratis dari Prabowo bukan untuk menjawab persoalan stunting di Indonesia. 

HBLpegadaian.id menambahkan, program itu harus dicermati agar tidak menghasilkan generasi yang obesitas.

“Kalau sudah lahir dan tumbuh mungkin bukan stunting, itu gizi buruk. Kalau gizi buruk bapak mau memperbaiki boleh. Jadi jangan sampai confuse antara stunting dan pemberian makan. Jadi makannya jangan banyak-banyak nanti kekenyangan. Jangan sampai nanti terjadi obesitas,” tutupnya. (War/a/san)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *