[Update] Info Pidato Politik, AHY Paparkan 14 Program Prioritas Partai Demokrat Update 2023

HBLpegadaian.idKetua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam pidato politiknya, merumuskan lima agenda besar nasional partainya untuk kesejahteraan masyarakat.

“Pertama, ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Kedua, kualitas sumber daya manusia dan lingkungan hidup. Ketiga, kualitas penegakan hukum dan keadilan. Keempat, kehidupan demokrasi dan kebebasan rakyat. Dan kelima, tata kelola pemerintahan,” terang AHY secara virtual dalam Pidato Politik bertajuk ‘Kesejahteraan Untuk Semua’, Jumat, 12 Januari 2024.

Kelima agenda besar tersebut, lanjut dia, dijabarkan ke dalam 14 program prioritas. Program pertama berfokus untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat agar hidupnya makin layak. Kedua, meningkatkan ketersediaan lapangan pekerjaan untuk rakyat, termasuk generasi muda dan kaum perempuan.

“Ketiga, meningkatkan perlindungan dan bantuan kepada UMKM melalui pelatihan, akses permodalan, dan pemasaran. Keempat, melanjutkan semua program-program pro rakyat era pemerintahan Presiden SBY dan Presiden Jokowi,” ujarnya.

Program kelima, tutur AHY, meningkatkan kembali pertumbuhan ekonomi menuju enam persen atau lebih. Keenam, menggalakkan dan meningkatkan investasi serta dunia usaha agar tercipta lapangan kerja yang lebih luas, serta penerimaan pajak yang lebih besar.

“Tujuh, kontrol utang pemerintah dan BUMN agar ekonomi nasional tumbuh lebih sehat. Delapan, melanjutkan pembangunan infrastruktur termasuk infrastruktur di pedesaan,” jelasnya.

Selanjutnya, tutur dia, meningkatkan pembangunan SDM Indonesia melalui pendidikan berkualitas dan terjangkau dari SD hingga perguruan tinggi. Ke-10, meningkatkan infrastruktur dan fasilitas kesehatan serta kualitas dan pelayanan kesehatan di seluruh tanah air.

“Ke-11 menyelamatkan bumi dan lingkungan kita yang makin terancam oleh krisis iklim. Ke-12 menjamin penegakan hukum termasuk pemberantasan korupsi yang dilaksanakan secara adil dan tidak tebang pilih. Ke-13, meningkatkan kualitas kebebasan sipil dan kemerdekaan pers untuk menjaga dan merawat pilar-pilar demokrasi,” ucap dia.

Dan terakhir, ke-14 menjaga nilai-nilai kesetaraan dan keseimbangan antara lembaga negara sesuai prinsip check and balances dalam sistem presidensial.

HBLpegadaian.id menekankan bahwa partainya akan menjadi garda terdepan dan motor penggerak untuk kesejahteraan rakyat. “Orientasi pembangunan yang dianut Partai Demokrat adalah people first, rakyat tidak boleh susah, harus makin sejahtera,” tandasnya.

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *