[Update] Info Mahfud Dilaporkan ke Bawaslu Terkait Tuduhan Hina Gibran, TPN Ganjar Bergerak Cepat Update 2023

HBLpegadaian.id, JAKARTA — TIm Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menyatakan pihaknya mempersiapkan strategi untuk menghadapi pelaporan Mahfud Md ke Bawaslu. Diketahui, Mahfud dilaporkan oleh Advokat Pengawas Pemilu (Awaslu) lantaran diduga melontarkan penghinaan dalam debat keempat Pilpres 2024.

“Kami sudah melakukan komunikasi dengan timnya Pak Mahfud (dan) kami sedang mencoba mengumpulkan bahan-bahan (atau) bukti-bukti mengenai apa dasar laporan ke Bawaslu,” kata Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 25 Januari 2024.

Todung menjelaskan, persiapan ini dilakukan sambil pihaknya menunggu surat panggilan dari Bawaslu. Sejauh ini, kata dia, TPN belum mendapat panggilan tersebut.

“Jadi kami masih menunggu sejauh mana laporan itu akan diproses pihak Bawaslu,” ucapnya.

Sebelumnya, Awaslu melaporkan cawapres nomor urut tiga Mahfud MD ke Bawaslu RI tekait pernyataannya saat debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Pasalnya, Mahfud diduga menghina cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka.

“Apa yang disampaikan Mahfud termasuk kata-kata ‘gila’, ‘ngawur’, ‘recehan’, ‘pertanyaan tidak ada gunanya’, itu mengarah ke penghinaan paslon lain. Untuk itulah kami laporkan ke Bawaslu supaya Bawaslu menindak Mahfud Md,” kata Ketua Awaslu, Muhammad Mua’limin di Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Kamis (25/1/2024).

Adapun pasal yang diajukan pihaknya sebagai dasar pelaporan yakni Pasal 72 ayat 1 huruf c Peraturan KPU No.20 Tahun 2023 juncto Pasal 280 ayat 1 huruf c dan Pasal 521 UU No.7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Pada pokoknya, kata Mua’limin menjelaskan, paslon atau peserta kampanye dilarang menghina seseorang atau pasangan peserta pemilu yang lainnya. “Itu ada ancaman pidananya 2 tahun dan denda Rp24 juta,” ujar Mua’limin.
 

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *