[Update] Info KPU Disoroti: Ray Rangkuti Soroti ‘Human Error’ dalam Pencetakan Surat Suara Update 2023

HBLpegadaian.id — Direktur Eksekutif dari Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti, menegaskan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) sering melakukan kesalahan dalam menjalankan tugasnya.

Salah satunya adalah kesalahan dalam mencetak contoh surat suara yang hanya memuat dua pasangan calon.

“Dua pasangan dalam surat suara contoh disebut sebagai human error, tapi ini tak masuk akal. Sejak 13 November, seharusnya ada tiga pasangan, bukan hanya dua. Bagaimana bisa di awal Januari muncul surat suara dengan hanya dua paslon?” ujar Ray di Jakarta pada Minggu (7/1/2024).

Lebih lanjut, Ray menyoroti bukan hanya masalah dua paslon, tapi juga pemborosan uang negara karena kesalahan KPU.

“KPU harus bertanggung jawab atas hal ini jika benar terjadi,” tambahnya.

Kejadian di PPLN Taipei juga membingungkan Ray, yang membuatnya berpikir adanya desain tertentu di balik insiden tersebut. “Bagaimana PPLN Taipei bisa mengambil keputusan tanpa koordinasi dengan KPU nasional?” tanyanya.

“Situasi yang tidak masuk akal, mengingat jadwal pemungutan suara di luar negeri sudah diatur sebelumnya. KPU Taipei membuat kebijakan sendiri tanpa konsultasi, apakah ini masuk akal?” ungkapnya.

Hingga hari ini, KPU tidak memberikan klarifikasi atau evaluasi terkait insiden di Taipei. Ray mendesak DPR untuk memanggil KPU guna mengevaluasi kinerjanya.

“Kami harap Komisi II dan masyarakat akan melakukan evaluasi menyeluruh setelah reses. KPU terlalu sering membuat kesalahan, manajemen yang buruk, dan kelalaian terhadap aturan,” tandas Ray. (*)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *