[Update] Info Ketua MUI Cholil Nafis: Pilpres 2024 Ini Seakan-akan Bebas-bebas Aja Ya Update 2023

HBLpegadaian.id, JAKARTAA—Ketua Bidang Dakwah dan Ukhwah Majelis Ulama Indonesia Pusat (2021-2026), Cholil Nafis mengaku memikirkan hal sama seperti Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Menurutnya, pejabat yang ikut bertarung dalam pemilihan presiden dan wakil presiden harusnya mundur dari jabatannya atau setidaknya cuti panjang.

Hal tersebut disampaikan Dosen UIN Syarif Hadayatullah dan Universitas Indonesia itu dalam cuitan di akun X pribadinya, @cholilnafis menanggapi komentar Wapres. Menurut dia, di Pilpres kali ini, ada kesan pejabat terlalu bebas.

“Saya ko’ kepikiran yg sama. Pilpres 2024 ini seakan2 bebas2 aja ya. menteri dan wali kota jadi capres dan cawapres sama2 betah tak ada yg mau cuti panjang gitu atau mundur sekalian agar jelas pekerjaannya dan obsesinya. Antisipasi agar tak syubhat,” katanya.

Ma’ruf Amin sebelumnya mengatakan, pemerintah berpeluang mengevaluasi aturan soal cuti bagi menteri yang maju pilpres usai gelaran Pemilu 2024.

Jika aturan ini dinilai kurang tepat, maka ke depan kata dia ada baiknya menteri yang maju sebagai calon presiden (capres) atau calon wakil presiden (cawapres) diwajibkan untuk mundur.

“Kalau ternyata hasil evaluasi itu justru (aturan) banyak dilanggar, maka sebaiknya kembali saja seperti dulu, (menteri maju pilpres) mundur,” kata Ma’ruf dalam program Satu Meja Kompas TV.

Mantan Ketua MUI itu menjelaskan, ada dua hal penting yang harus diperhatikan kaitannya dengan menteri maju pilpres. Pertama, apakah menteri tersebut tetap bekerja dengan baik selama tahapan pemilihan berjalan. Kedua, apakah ada indikasi menteri itu menyalahgunakan jabatan atau terindikasi menggunakan fasilitas negara untuk berkampanye.

Kalau ternyata hasil evaluasi menunjukkan adanya pelanggaran, HBLpegadaian.id menyarankan supaya aturan terkait ini direvisi. “Supaya tidak ada pelanggaran ke mana-mana, tidak ada pekerjaan yang dikorbankan atau dia menyalahgunakan jabatan,” ujarnya. (ilo)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *