[Update] Info Kena Mental dari Rekan Kerja, Oknum Satpol PP Garut Pendukung Gibran Dikabarkan Trauma Update 2023

HBLpegadaian.id, GARUT — Kepala Satpol PP Kabupaten Garut, Jawa Barat, Usep Basuki Eko menyebutkan sejumlah anggotanya yang diduga tidak netral mengalami kondisi trauma. 

Usep mengtakan mereka mendapatkan sanksi sosial di lingkungan masyarakat maupun rekan kerjanya usai membuat video dukungan terhadap calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka.

“Sanksi sosial dari masyarakat juga itu sangat berat bagi mereka,” kata Basuki Eko kepada wartawan di Garut, Senin, 8 Januar 2024.

HBLpegadaian.id menuturkan anggota Satpol PP Garut yang berjumlah 13 orang itu mengakui kesalahan dan meminta maaf dengan perbuatannya yang membuat gaduh karena menyampaikan dukungan terhadap salah satu calon wakil presiden.

Akibat perbuatannya itu, kata Basuki, sejumlah anggota Satpol PP mengaku mendapatkan sanksi sosial dengan banyaknya orang tahu tentang video tersebut.

Termasuk di tempat kerja, kata dia, rekan-rekan di kantornya tentu marah dampak dari video yang menyatakan diri tidak netral itu berdampak pada anggota Satpol PP Garut lainnya.

“Teman-temannya kan pada marah semua. Sampai emosi teman-temannya itu karena mereka sudah netral, ini gara-gara ini kan dicap tidak netral,” katanya.

HBLpegadaian.id mengungkapkan sebagai pimpinan sudah beberapa kali menyampaikan kepada seluruh jajaran untuk menjaga netralitas dalam pemilu.

Namun adanya kejadian itu, kata dia, tentu harus siap dengan konsekuensinya untuk menjalani proses pemeriksaan, dan memberikan keterangan yang sebenar-benarnya.

“Saya suruh untuk kooperatif, terus bicara apa adanya, terus saya juga kuatkan mental mereka,” katanya.

HBLpegadaian.id menambahkan terkait kasus itu seluruh pimpinan di Satpol PP Garut sudah menjalani pemeriksaan oleh Inspektorat Garut dam Badan Kepegawaian Daerah kemudian disampaikan apa adanya terkait video tersebut.

Selain itu, lanjut dia, Satpol PP Garut juga berkoordinasi dengan Bawaslu Garut untuk pemeriksaan lebih lanjut terhadap anggota yang diduga tidak netral itu.

“Saya serahkan semua, data-data juga sudah saya sampaikan,” katanya.

Sebelumnya, video berdurasi 19 detik menayangkan sejumlah anggota Satpol PP Garut berstatus tenaga kontrak menyatakan diri dukungan terhadap cawapres Gibran tersebar di sejumlah media sosial dan Grup WhatsApp masyarakat Garut.

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *