[Update] Info Jelang Debat ke-4, KPU Minta Moderator Tegas Jika Ada Kandidat Potong Pembicaraan, Timer juga Dihentikan Update 2023

HBLpegadaian.id, JAKARTA—Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meminta moderator debat bertindak tegas jika ada salah satu cawapres yang menyela atau menjawab kandidat lain yang tengah berkesempatan bicara.

Anggota KPU RI, August Mellaz menyampaikan itu setelah rapat finalisasi debat keempat bersama tim pasangan calon dan media penyelenggara debat Mingu (21/1/2024) mendatang.

“Kalau lihat pengalaman debat ketiga kan sempat ada chit-chat antara, bukan pendukung saja, tapi dari paslonnya kan. Nah itu nanti peran moderator. Kita juga ingatkan ke moderator peran-perannya itu,” kata August di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (17/1/2024) dikutip dari Inilah.com.

Dua moderator debat keempat, Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar juga diminta untuk mengobservasi debat pertama, kedua, dan ketiga, guna mencegah hal-hal yang telah terjadi di luar kuasa sebelumnya.

“Bisa jadi nanti problem yang sama akan muncul, atau itu semuanya menambah insting teman-teman moderator nanti pada saat situasi di lapangan di pelaksanaan debat keempat,” ujarnya.

August menjelaskan, jika preseden itu terjadi lagi, maka tanpa harus ada kode tertentu, pihak media penyelenggara akan langsung menghentikan timer agar tidak menyita waktu cawapres yang berkesempatan bicara.

“Dan kemudian moderator tentu harus menyampaikan ‘ini waktunya paslon mana’. Itu kami tegaskan, tapi nanti inisiatif sendiri,” jelasnya.

Jelang debat keempat ini, KPU sudah menetapkan 11 panelis untuk debat yang digelar untuk cawapres, yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD tersebut.

Para panelis ini selanjutnya akan menjalani karantina. “Kami sudah mendapatkan konfirmasi kesediaan (karantina)  tanggal 19 Januari, hari Jumat,” katanya.

Tema debat keempat akan membahas soal pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan Desa. (ilo)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *