[Update] Info Hasil Debat Capres di Mata Pengamat: Anies Konseptual, Prabowo Spesifik, Ganjar Bicara Pengalaman Update 2023

HBLpegadaian.id – Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Ali Armunanto menilai, debat capres perdana masing-masing capres memiliki kelebihan masing-masing.

Anies dinilai punya wacana yang konseptual. Sementara Prabowo spesifik dan Ganjar yang menonjolkan pengalamannya.

Dia bilang, terkait dominan atau tidaknya, itu tergantung prespektif orang menilai debat tersebut. Ali Armunanto menambahkan, dalam debat itu, Ganjar lebih menyaksikan perdebatan Anies dengan Prabowo.

“Anies itu unggul secara konseptual tapi kemudian kelemahannya dia menjawab sesuatu serba mengambang dan tidak spesifik. Jawabannya selalu ngeles menyalahkan pemerintah Jokowi,” ucapnya saat dihubungi, Rabu 13 Desember 2023.

“Prabowo performa konseptualnya tidak terlalu bagus tapi jawabannya selalu spesifik. Seperti pada saat ditanya soal Papua, dia menjawab bahwa tidak segampang itu, disini tidak hanya persoalan dialog tapi ada persoalan asing dan kepentingan di sana. Kalau Ganjar lebih banyak menguraikan pengalamannya saat kampanye, dengan kasus-kasus yang dihadapi dan sikapnya jauh lebih tenang dari Anies dan Prabowo,” lanjut Ali.

Dengan demikian, yang senang gaya yang adem dan tenang akan lebih cenderung menyukai Ganjar Pranowo.

Lebih lanjut, Ali menyampaikan, debat ini mampu mempengaruhi orang-orang yang belum menentukan pilihannya. Karena mereka mau menunggu performa yang terbaik menurut prespektif masing-masing orang.

“Misalnya secara akademis, secara praktis, etika dan segala macam, itu semua menjadi penilaian dan akumulasi itu yang akan mendorong orang untuk memilih salah satu calon presiden,” terangnya.

Hal itu penting, karena itu menjadi catatan bagi publik untuk melihat kemampuan calon pemimpinnya.“Tentu penampilan mereka akan mempengaruhi pilihan publik utamanya pemilih cerdas,” tukas Ali Armunanto. (War)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *