[Update] Info Gibran Sentil Muhaimin Dapat Contekan, Tom Lembong Teringat saat Dirinya Diminta Jawab Pertanyaan untuk Jokowi Update 2023

HBLpegadaian.id — Tom Lembong ikut populer dalam debat cawapres, Minggu malam, 21 Januari 2024. Ternyata dia bukan orang sembarangan.

Pemilik nama lengkap Thomas Trikasih Lembong itu mantan menteri perdagangan dan kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) era awal Jokowi.

Dia juga ada di balik pidato-pidato ekonomi Jokowi yang sering mendapat aplaus. Ternyata, pidato-pidato berkesan itu ditulis Tom Lembong.

Suatu ketika pada 28 Oktober 2015, Pusat Studi Kebijakan Asia Timur di Brookings mengundang Presiden Joko Widodo untuk berdiskusi.

Topiknya, peran Indonesia dalam dunia yang terus berubah, dengan fokus pada peluang dan reformasi ekonomi, geopolitik, ASEAN, dan komitmen internasional.

Saat menanggapi salah satu pertanyaan, Jokowi mengatakan, “I want to test the minister.” Jokowi meminta Tom Lembong yang menjawab pertanyaan tersebut dengan mengagumkan.

Video cuplikan momen tersebut kembali marak di media sosial usai Gibran menyindir Muhaimin Iskandar dalam debat. Video itu antara lain diunggah akun @Mdy_Asmara1701.

Tom Lembong pun mengomentari video tersebut. “Ah, the good ol’ memories… 🥰,” komentarnya, Minggu 21 Januari 2024.

Sebelumnya, dalam debat cawapres, Gibran Rakabuming Raka menduga Muhaimin Iskandar mendapatkan contekan dari Co Captain Timnas Anies-Muhaimin, Thomas Lembong.

Awalnya, Gibran mengungkit pernyataan Cak Imin yang menyebut penjelasannnya tidak menjawab pertanyaan yang diberikan terkait strategi pembangunan bioregional. Pertanyaan itu disampaikan Cak Imin sebelumnya kepada Gibran.

Padahal, menurut Gibran, apa yang disampaikan terkait pemerataan pembangunan justru telah menjawab pertanyaan Cak Imin.

“Katanya tidak menjawab pertanyaan, tapi Gus Muhaimin malah ngomongin pemerataan pembangunan itu kan tadi yang saya omongin Gus pemerataan pembangunan. Yang tidak lagi Jawa sentris harus Indonesia-sentris. Pembangunan IKN sebagai simbol transformasi pembangunan Indonesia, Papua dan lain-lain itu kan tadi udah saya jawab,” ungkap Gibran.

“Itu tadi kan udah saya jawab, mungkin Gus Muhaimin juga tidak paham dengan pertanyaan yang diberikan ke saya ya,” lanjut Gibran.

“Mungkin itu kan mungkin dapat contekan itu dari Pak Tom Lembong. Mungkin ya, terima kasih,” ungkapnya.

Pada sesi konferensi pers usai debat, Muhaimin menanggapi pernyataan Gibran. Setelah ini saya akan telepon Pak Tom Lembong. “Rupanya ada yang rindu,” kata Muhaimin sambil tertawa. (*)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *