[Update] Info Ganjar Pranowo Mengusulkan Pergantian Paradigma Bansos Menjadi Kesra Update 2023

HBLpegadaian.id — Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, merancang perubahan signifikan dengan mengusulkan pergantian istilah bantuan sosial (bansos) menjadi bantuan kesejahteraan rakyat (kesra).

Dalam Debat Pilpres 2024 di Jakarta, Minggu (4/2/2024), Ganjar dengan tegas menyatakan bahwa negara memiliki tanggung jawab untuk menciptakan keadilan sosial.

Dengan gaya santai, Ganjar menyampaikan usulannya, “Kami usul bantuannya ganti aja deh bantuan kesra, karena tugas negara itu menciptakan keadilan sosial bukan menciptakan bantuan sosial.”

Pentingnya perbaikan data bansos juga menjadi sorotan Ganjar, yang menggambarkan kesulitan yang dialaminya dalam melakukan perbaikan data bansos di daerahnya.

Dalam pandangannya, kesalahan dalam pengelolaan data tersebut dapat menghambat efektivitas bansos.

“Ini yang pernah kita lakukan dan ketika kawan-kawan kades sudah bersusah payah diberikan ke atas balik lagi pada data yang sama seolah-olah kita abai pada soal data ini sehingga betul-betul bansos yang diberikan yang rencananya tadi menurunkan kemiskinan, mengurangi gap, menurunkan kemiskinan oke ternyata tapi gap tidak. Berapa pun besarnya gapnya tetap tinggi ini menarik,” jelas Ganjar.

Ganjar menekankan bahwa bansos bukan hanya sekadar program, melainkan hak masyarakat. Baginya, tugas negara dan pemerintah adalah memastikan bahwa penyaluran bansos dilakukan secara akurat dan tepat waktu.

“Memang paradigma bansos, sekali lagi, ini betul-betul hak rakyat, tugas negara dan pemerintah adalah memastikan itu bahwa ini adalah tepat sasaran dan tepat waktu, tadi yang disampaikan betul,” tegasnya. (*)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *