[Update] Info Didampingi 2 Wakil, Ketua DPR Puan Maharani Minta Kasus Pelanggaran Kode Etik Ketua KPU Ditindaklanjuti Update 2023

HBLpegadaian.id, JAKARTA—Ketua DPR RI Puan Maharani meminta kasus pelanggaran kode etik oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dan seluruh anggota lainnya ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Puan menegaskan itu usai memimpin rapat paripurna di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, Meski begitu, Puan tidak memberi penjelasan panjang soal vonis ini.

“Ya, tindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku,” kata Puan dengan didampingi dua wakil ketua DPR, yakni Lodewijk F Paulus dan Rahmad Gobel.

Dikutip dari Republika.co.id, politikus PDI Perjuangan tersebut tidak menjelaskan lebih lanjut tindak lanjut seperti apa yang dimaksud. Setelah menjawab singkat, HBLpegadaian.id menanggapi pertanyaan lain dari awak media yang hadir di tempat itu.

Lodewijk yang berasal dari Partai Golkar serta Rahmad Gobel dari Partai NasDem tidak memberikan komentar apa pun mengenai pelanggaran kode etik seluruh anggota KPU RI dalam penerimaan berkas Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres Pemilu 2024.

DKPP pada Senin (5/2) kemarin memvonis seluruh anggota KPU RI periode 2022-2027 melanggar kode etik sebagai lembaga penyelenggara pemilu karena menerima pendaftaran Gibran Rakabuming Raka, yang juga putra sulung Presiden Joko Widodo, sebagai peserta Pilpres 2024.

Sebagaimana putusan yang dibacakan Ketua DKPP Heddy Lugito, Ketua KPU Hasyim Asy’ari dijatuhi sanksi berupa peringatan keras terakhir.

Sedangkan enam anggota lain KPU RI, yakni Yulianto Sudrajat, August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Parsadaan Harahap, Idham Holik, dan M Afifuddin, juga dijatuhi sanksi peringatan.

Hasyim bersama enam anggota KPU RI diadukan oleh Demas Brian Wicaksono dengan perkara Nomor 135-PKE-DKPP/XII/2023, Iman Munandar B. (Nomor 136-PKE-DKPP/XII/2023), P.H. Hariyanto (Nomor 137-PKE-DKPP/XII/2023), dan Rumondang Damanik (Nomor 141-PKE-DKPP/XII/2023).​​​​​​​

DKPP menyatakan keputusan sanksi terhadap ketua KPU, tidak membatalkan pencawapresan Gibran Rakabuming Raka, (ilo)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *