[Update] Info Debat Cawapres Keempat Dianggap Masih Blunder dan Tidak Subtantif  Update 2023

HBLpegadaian.id, MAKASSAR — Debat Kedua Cawapres berjalan sangat menarik. Para Cawapres saling kukuh mempertahankan visi misi dalam Debat Keempat Pilpres 2024, Minggu, 21 Januari 2024.

Pengamat Politik Unismuh Makassar, Luhur Priyanto menilai visi misi cawapres dalam tema kali ini cukup menarik. Masing-masing cawapres punya program potensial.

Dari sisi isu, dia menilai isu kebijakan lingkungan hidup mendapat porsi besar. Disamping isu-isu eksploitasi SDA, hilirisasi, impor pangan, kekerasan dan marginalisasi yang dialami masyarakat adat.

“Di sisi kontestan umumnya memiliki penguasaan isu yang berbeda. Namun masih terjadi blunder teknis dan substansi. Tetapi, masing-masing punya kelebihan,” tegasnya, Minggu, 24 Januari 2024. 

Kendati begitu, Luhur melihat para cawapres belum memanfaatkan durasi. Hal itu tentu berkaitan lantaran ikut mendukung program masing-masing.

“Dalam debat cawapres ini, belum memanfaatkan durasi waktu yang disediakan dengan baik,” tandasnya.

Dalam debat kali ini, Cawapres memaparkan visi misi mengenai pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Cawapres Nomor Urut 1, Muhaimin Iskandar misalnya. Dia berjanji akan memajukan kemandirian pangan. 

Muhaimin juga berjanji produksi pertanian dalam negeri bakal ditingkatkan. Paling terpenting petani akan mendapat banyak pertanian.

Sementara Cawapres Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka ingin program hilirisasi wajib dilanjutkan dan diperluas cakupannya. Termasuk hilirisasi pertanian sektor maritim dan hilirisasi digital.

Jika program hilirisasi terlaksana, Gibran mengaku akan terbuka 19 juta lapangan pekerjaan bagi generasi muda dan kaum perempuan (food. Di mana, 5 juta di antaranya ialah peluang kerja di bidang kelestarian lingkungan.

Lalu, Cawapres Nomor Urut 3, Mahfud MD juga fokus mengedepankan kedaulatan pangan. Dia bertekad akan mendukung pelaku pertanian, peternakan, dan nelayan.

Salah satunya dengan penggunaan alat modern, unggul, pupuk berkualitas yang murah dan tepat waktu. Termasuk berjanji menghentikan ahli guna lahan. (H9)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *