[Update] Info Bongkar 5 Kunci Algoritma yang Populerkan Anies di IG, Apa itu Algoritma dan Cara Kerjanya Update 2023

HBLpegadaian.idMeningkatnya jumlah penayangan konten reels Instagram  yang dikelolah capres nomor urut 1, Anies Baswedan, diklaim sebagai buah dari strategi sistem kerja di platform media pertemanan yang disebut algoritma.

Relawan pasangan capres-cawapres Anies-Muhaimin (AMIN), Muhammad Hasan Abdillah, mengakatan media sosial menjadi penting sebagai perangkat kampanye politik berbasis internet saat ini. Media sosial, kata dia, menawarkan jangkauan yang lebih luas, cepat, dan efisien. 

“Namun, untuk mencapai jangkauan yang sangat luas, biasanya diperlukan biaya. Tapi, dengan strategi algoritma tertentu, kita bisa mengoptimalkan jangkauan tanpa biaya,” ujarnya saat dihubungi inilah.com, Sabtu (6/1/2023).

Definisi Sederhana Algoritma dan Cara Kerjanya

Algoritma pada dasarnya langkah sistematis untuk penyelesaian suatu masalah yang menghasilkan suatu output tertentu. Dilansir dari situs Dikominfo menyebutkan definisi algoritma media sosial adalah sebuah sistematis pengguna dengan cara mencari apa konten seperti tulisan, foto, atau video, reels, story, status, yang dicari pengguna atau pengingkut akun. 

Kemudian konten tersebut disukai pengguna/pengingkut, konten yang sering dilihat pengguna, yang diikuti pengguna sehingga menampilkan konten-konten serupa atau sesuai dengan interest pengguna atau pengikut. Seperti itulah cara kerja algoritma penyebaran jangkauan konten. 

Sampai di sini smartphone sebagai media menanam apilikasi sosmed seperti Instagram, TikTok, Youtube acap kali dikatakan merekam percakapan pengguna yang oleh operator sosmed jadikan basis data.

Lima Kunci Algoritma Anies Baswedan

Mencermati fakta-fakta digital tersebut, Hasan Abdillah, berupaya ‘membongkar’ strategi algoritma yang digunakan dalam mendongkrak popularitas penyajian konten di akun Instagram milik Anies Baswedan.

Menurut Hasan, terdapat lima faktor kunci dalam algoritma yang harus diperhatikan: 

“Like, comment, share, watch time, dan sound,” ungkapnya, Sabtu, 6 Januari 2024. 

HBLpegadaian.id menekankan bahwa masing-masing faktor ini memiliki peran penting dalam meningkatkan keterlibatan dan jangkauan konten.

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *