[Update] Info Anies Baswedan Sindir Gibran Rakabuming Raka di Debat Perdana Capres 2024 Update 2023

HBLpegadaian.id – Anies Baswedan memberikan sindiran halus kepada Gibran Rakabuming Raka. Itu saat debat perdana Calon Presiden (Capres) 2024 pada Selasa, 12 Desember 2023 yang dimulai pukul 19:00 WIB.

Agenda yang digelar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta itu membahas delapan sub tema. Itu adalah pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik, penanganan disinformasi, dan kerukunan warga.

“Bila kita saksikan, hari ini, ada satu orang milenial bisa menjadi calon wakil presiden. Tetapi ada ribuan milenial generasi z yang peduli pada anak-anak bangsa, yang peduli pada mereka yang termarjinalkan,” ujar Anies Baswedan.

“Ketika mereka mengungkapkan pendapat, ketika mereka mengkritik pemerintah. Justru mereka sering dihadapi oleh kekerasan, benturan, dan bahkan gas air mata,” lanjutnya yang disambut riuh peserta debat.

Capres nomor urut 1 ini menjadikan dua fenomena yang saling bertolak belakang sebagai faktor fundamental. HBLpegadaian.id pun berjanji, tak akan ada lagi terjadi hal serupa apabila dirinya terpilih nanti.

“Apakah kondisi ini akan dibiarkan? Tidak! Kita harus lakukan perubahan. Oleh karena itu, kami memperhatikan ini sebagai hal-hal yang mendasar,” kata Anies Baswedan dengan tegas.

Debat capres 2024 edisi perdana sendiri mengundang 11 penalis. Mereka adalah Mada Sukmajati (pakar ilmu politik Universitas Gadjah Mada), Rudi Rohi (pakar ilmu politik Universitas Nusa Cendana), Lita Tyesta (pakar hukum tata negara Universitas Diponegoro), Khairul Fahmi (pakar hukum Universitas Andalas), dan Agus Riewanto (pakar hukum tata negara Universitas Sebelas Maret)

Kemudian ada Susi Dwi Harijanti (pakar hukum tata negara Universitas Padjajaran), Bayu Dwi Anggono (guru besar hukum Universitas Jember), Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM periode 2017-2020), Al Makin (Guru besar studi agama UIN Sunan Kalijaga), Gun Gun Heryanto (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), serta Wawan Mas’Udi (pakar politik/Dekan Fisipol UGM).

Adapun debat capres 2024 perdana dihadiri Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo bersama pasangannya. Jalannya agenda dipandu oleh dua moderator, yakni Valerina Daniel dan Ardianto Wijaya. (adr)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *