Berita  

Ujung Barat Festival di Sabang, Omzet Pelaku UMKM Melejit

SABANG — Sejak berlangsungnya Ujung Barat Festival pada 19-21 Desember 2023 di Kota Sabang, omzet pelaku UMKM melejit.

Hal tersebut disampaikan Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi saat menutup Ujung Barat Festival di Kota Sabang, Kamis sore, 21 Desember 2023.

Menurutnya suksesnya event tersebut lantaran faktor cuaca yang mendukung, serta antusias masyarakat pada pelaksanaan Ujung Barat Festival di Kota Sabang.

Selain itu juga berkat kolaborasi antara Pemprov, Pemkot dan Forkopimda Sabang, BPKS, serta komunitas dan masyarakat setempat.

“Alhamdulillah memberikan dampak yang positif bagi pelaku UMKM di Kota Sabang. Saya mendapat laporan omzet yang didapatkan kurang lebih sekitar Rp 600 jutaan transaksi selama dua hari dan belum terhitung selama tiga hari,” ujar Reza di Sabang Fair, Kamis sore (21/12).

Dirinya menyebutkan, melalui event atau festival banyak manfaat yang dirasakan masyarakat setempat.

Seperti dari sektor ekonomi, pelestarian seni dan nilai budaya, edukasi, serta menjadi ajang untuk saling belajar dan bersilaturahmi.

“Sabang sangat butuh sekali event, dengan adanya festival atau event, rental mobil kita laku, akomodasi-akomodasi juga terisi penuh, UMKM dan pedagang juga jualannya laku, para pelaku seni dapat panggung untuk tampil. Semuanya Insya Allah mendapatkan manfaat positif,” tuturnya.

Reza mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh yang telah menghadirkan Ujung Barat Festival 2023 di Sabang.

“Terima kasih kepada Disbudpar Aceh dan terima kasih juga kepada jajaran Forkompimda dan BPKS yang telah berkolaborasi dan saling bahu-membahu dalam mensukseskan kegiatan ini. Semoga tahun depan Ujung Barat Festival ini kembali dilaksanakan di Sabang,” imbuhnya.

Peryataan Pj Wali Kota Sabang itu turut diamini seorang pelaku UMKM. Anisa Nuhayati, pelaku UMKM yang turut berpartisipasi pada Ujung Barat Festival mengaku mendapatkan keuntungan yang luar biasa selama tiga hari pelaksanaan event tersebut.

Dirinya menyebutkan keuntungan yang didapat selama perhelatan itu berkisar dari Rp 700 ribu sampai Rp 1 juta lebih dalam per hari.

“Omzetnya di hari biasa itu hanya Rp 200 ribuan, namun dengan adanya event Ujung Barat Festival bisa lebih dari segitu, bisa mencapai Rp 700.000 dan bisa sampai jutaan,” ungkapnya.

Dirinya berharap, tahun depan perhelatan Ujung Barat Festival dan event-event yang dilaksanakan Disbudpar Aceh terus dihelat di Sabang.

“Semoga tahun depan bisa dilakukan event seperti ini lagi di Sabang, khususnya di lokasi Sabang Fair karena wilayahnya sangat strategis. Apalagi pemerintah sangat mendukung dan memberi wadah bagi Kami (pelaku UMKM) seperti stan gratis dan semuanya difasilitasi,” kata Anisa.

Sebagai informasi, Ujung Barat Festival 2023 turut dimeriahkan dengan kehadiran kapal pesiar Seabourn Encore pada Selasa pagi, 19 Desember 2023. Kapal pesiar tersebut singgah di Pelabuhan CT-3 BPKS dengan mengangkut 791 orang.

Ratusan wisatawan mancanegara tersebut diajak mengunjungi lokasi perhelatan Ujung Barat Festival. Mereka terlihat antusias saat menyaksikan beragam atraksi seni budaya yang ditampilkan. (HBLpegadaian.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *