Berita  

Samsul Azhar Resmi Dilantik Jadi Sekda Pidie

SIGLI — Pj Bupati Pidie Wahyudi Adisiswanto, melantik dan mengambil sumpah Drs Samsul Azhar sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Pidie, Senin (18/12/2023) di oproom kantor bupati setempat.

Pelantikan ini telah melalui proses sesuai ketentuan yakni dilakukan seleksi terbuka jabatan calon Sekda Pidie beberapa waktu lalu, dan telah mendapatkan rekomendasi dari KASN, BKN dan Mendagri serta penetapan pengangkatan jabatan Sekretaris Daerah oleh Gubernur Aceh.

Selama ini, Samsul Azhar menjabat sebagai Asisten I Setdakab Pidie, lalu ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Pidie.

“Saya, ingatkan saudara sejak hari ini saudara telah disumpah menyatakan siap menjalani tugas yang dibebankan oleh negara dipundak saudara dan tetap setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ucap Wahyudi Adisiswanto.

Lebih lanjut, Wahyudi mengatakan, beberapa hal yang harus dijalani dan dikembangkan Sekda Pidie yang dilantiknya dihadapan ratusan tamu undangan, termasuk dari Forkopimda.

Menurutnya, mutasi dan rotasi merupakan hal yang biasa dalam organisasi pemerintahan, baik di daerah maupun dipusat. Semua itu, demi penyegaran dan peningkatan kinerja organisasi.

Kedua, lanjutnya pelantikan hari ini telah melalui proses sesuai ketentuan yang berlaku dan telah mendapat rekomendasi dari KASN, BKN dan Mendagri serta penempatan keputusan pengangkatan dalam jabatan Sekretaris Daerah oleh Gubernur Aceh.

Ketiga kepada pejabat yang dilantik dan seluruh ASN agar menjaga netralitas dalam proses Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 di daerahnya.

“Keempat agar Sekda yang baru dilantik dapat menjaga kondisi birokrasi tetap kondusif,” jelasnya.

Selanjutnya, jabatan Sekda mempunyai peran penting dalam pengelolaan pemerintahan karena berkewajiban membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan membina hubungan kerja dengan SKPK.

Pada pengarahan terakhir, Pj Bupati Pidie mengingatkan Sekda Samsul Azhar dapat memberikan atensi serius terhadap kebijakan pusat, seperti penanganan inflasi.

“Baik itu masalah Stunting, pemulihan ekonomi nasional, perkuat kinerja SKPK terkait, serta fungsikan Asisten agar memperkuat koordinasi dengan seluruh SKPK yang dikoordinirnya,” kata dia.

Wahyudi dalam pengarahan terakhirnya juga menyampaikan pujiannya atas kinerja Sekda Samsul Azhar yang telah menyumbang pikiran dan tenaganya untuk kemajuan daerah agar terus dapat dilaksanakan ke depan. (HBLpegadaian.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *